Membaca Skimming dan Membaca Scanning Perbedaan dan Kelebihannya - Yuk Cari Tugas

Senin, 30 Januari 2023

Membaca Skimming dan Membaca Scanning Perbedaan dan Kelebihannya

Membaca bagi sebagian orang merupakan hal yang menyenangkan, karena dapat dijadikan sebagai hobby yang sekaligus dapat menambah ilmu pengetahuan yang dia miliki, orang yang suka atau gemar membaca pada umumnya memiliki pengetahuan yang cerdas dan memiliki skil yang mumpuni, namun tidak sedikit orang yang hobby membaca di dunia ini. hal itu karena mereka tidak punya waktu bahkan tidak terlalu tertarik dengan dunia membaca.

Perbedaan Membaca Skimming dan Scanning

Membaca merupakan proses mengidentifikasi dan memahami simbol, kata, frasa, kalimat, dan paragraf dalam sebuah teks dengan menggunakan penglihatan dan pemahaman. Ini melibatkan interpretasi dan menafsirkan makna dari simbol-simbol yang dibaca untuk membentuk pemahaman atau pengetahuan yang lebih baik tentang topik atau isi teks. Membaca membantu meningkatkan keterampilan bahasa dan memperluas wawasan dan pengetahuan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang 2 teknik Membaca yaitu dengan membaca skimming dan metode membaca memindai atau scanning. Berikut ini kita akan membahas pengertian dan perbedaan yang terdapat dalam kedua Teknik membaca tersebut.

Pengertian Teknik Membaca Skimming 

Skimming adalah teknik membaca cepat dengan tujuan untuk memperoleh gambaran umum atau inti dari sebuah teks tanpa harus membaca setiap kata atau kalimat secara detail. Ini biasanya dilakukan dengan membaca judul, subjudul, paragraf pertama, dan beberapa kalimat penting lainnya, seperti kalimat pembuka dan penutup. Skimming membantu mempercepat proses membaca dan mempermudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

Beberapa kelebihan dari membaca skimming antara lain:

  • Efisiensi waktu: skimming memungkinkan membaca teks dengan cepat dan efisien, sehingga membantu menghemat waktu.
  • Mendapatkan gambaran umum: dengan skimming, kita dapat memperoleh gambaran umum atau inti dari sebuah teks, sehingga mempermudah menentukan apakah teks tersebut relevan dengan kebutuhan kita.
  • Mempermudah proses seleksi informasi: skimming membantu mempermudah proses seleksi informasi yang penting dan relevan, sehingga mempermudah membuat keputusan dan meningkatkan efisiensi.
  • Memperluas wawasan: skimming memungkinkan membaca banyak teks dengan cepat, sehingga memperluas wawasan dan pengetahuan.
  • Meningkatkan keterampilan membaca: dengan terus melakukan skimming, kita dapat meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks dengan cepat dan efisien.

Pengertian Teknik Membaca Scanning 

Scanning adalah teknik membaca cepat dengan tujuan untuk menemukan informasi spesifik atau kata kunci dalam sebuah teks. Ini biasanya dilakukan dengan membaca dengan cepat seluruh teks atau bagian tertentu dari teks untuk menemukan informasi yang dicari. Scanning membantu mempercepat proses membaca dan mempermudah untuk menemukan informasi yang spesifik dan penting dalam sebuah teks.

Berikut adalah beberapa kelebihan membaca scanning:

  • Mencari informasi spesifik: scanning memungkinkan mencari informasi spesifik dengan cepat dan efisien.
  • Efisiensi waktu: scanning membantu menghemat waktu karena hanya fokus pada bagian tertentu dari teks yang memiliki informasi yang dibutuhkan.
  • Mendapatkan informasi yang spesifik dan penting: dengan scanning, kita dapat memperoleh informasi spesifik dan penting yang dibutuhkan, tanpa harus membaca seluruh teks.

Perbedaan antara Membaca Skimming dengan Membaca Memindai

Skimming dan scanning adalah dua teknik membaca yang berbeda dengan tujuan dan cara yang berbeda pula.

Skimming:

  • Mencari informasi umum dan menyimpulkan isi teks secara keseluruhan
  • Biasanya dilakukan dengan membaca judul, subjudul, paragraf pertama, dan beberapa kalimat penting lainnya
  • Cepat dan efisien

Scanning:

  • Mencari informasi spesifik
  • Biasanya dilakukan dengan membaca dengan cepat untuk menemukan kata kunci atau informasi yang dicari
  • Fokus pada detail spesifik.

Sekian Postingan yang dapat kami berikan tentang materi teknik membaca skimming dan membaca scanning atau memindai. kami berharap informasi yang telah kami berikan ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas dan pembelajaran yang sedang anda kerjakan. jangan lupa untuk berkunjung kembali untuk melihat berbagai postingan menarik tentang pelajaran anda, silahkan di share agar teman kalian yang lain dapat informasi menarik lainnya dari kami.
Comments


EmoticonEmoticon